Perkembangan teknologi bidang komputer dan telekomunikasi (ICT) dewasa ini telah melahirkan bidang baru yang memiliki pengaruh dan impact yang besar pada segala aspek kehidupan kita, bidang tersebut lebih dikenal dengan nama Telematika. Bidang Telematika ini pada sebagian besar program pendidikan (universitas) di dunia selalu dibawah naungan Jurusan / Fakultas Teknik Elektro.

 parabolaVisi:

 Menjadikan institusi unggulan dalam pendidikan, penelitian, pengembangan dan  penerapan teknologi Telematika yang bereputasi internasional dan berorientasi pada teknologi yang paling mutakhir dan berwawasan lingkungan.

 Misi:

1. Menyelenggarakan pendidikan Telematika yang berkualitas tinggi untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan siap
    melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

2. Meningkatkan kegiatan penelitian Telematika di tingkat nasional maupun internasional.

3. Meningkatkan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam rangka menyebarluaskan teknologi Telematika dan penerapannya pada masyarakat

Apa Kompetensi lulusan bidang Telematika ini ?

Kompetensi atau keahlian nyata yang ditawarkan pada Program Magister Telematika ini adalah :

1. Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan dasar-dasar bidang telematika dalam aplikasi teknologi yang paling mutakhir

2. Mahasiswa mampu memahami bagaimana sistem telematika dibangun

3. Mahasiswa mampu memahami jaringan telekomunikasi dan informasi dan perkembangannya dewasa ini

4. Mahasiswa mampu mengembangkan teknologi mutakhir yang terkait dengan penerapan teknologi Telematika

5. Mahasiswa mampu mendesain dan mengembangkan algoritma baru yang kreatif dan inovatif dalam aplikasi teknologi yang berbasis pada Telematika

Kualifikasi Masukan

Program  S2  Telematika  dibuka  seluas-luasnya  bagi  seluruh  lapisan masyarakat yang berminat:

• Para profesional yang sedang bergerak dibidang ICT dan yang terkait, dalam hal ini adalah para direksi, chief of Information Technology Department,
   maupun manajer dari operator-operator telekomunikasi di Indonesia
• Para birokrat atau staf pemerintah daerah / pusat yang siap meniti karir dibidang ICT dan penerapan pengembangannya di departemen masing-masing

• Para akademisi dan tenaga pendidik (Dosen) yang ingin mengembangkan ilmu pengetahuan, wawasan dan skillnya dalam bidang telematika

 

Para pendaftar diharuskan mempunyai latar belakang pendidikan minimal lulus Sarjana (Strata 1) bidang:

• Teknik Elektro
• Teknik Komputer
• Teknik Informatika
• Bidang-bidang lain yang masih mempunyai keterkaitan dengan ICT

Perkuliahan dan Kurikulum

Perkuliahan program S2 bidang keahlian Telematika   Jurusan Teknik Elektro FTI - ITS dilaksanakan dalam sistem Satuan Kredit Semester (SKS) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Total kredit yang harus ditempuh adalah minimum 36 (tiga puluh enam) SKS dalam waktu 16 (enam belas) bulan efektif. Pelaksanaan perkuliahan dibagi dalam 4 (empat) semester, dimana 1 semester di antaranya adalah semester pendek. Proses belajar mengajar dilakukan dalam kelas atau laboratorium dengan jumlah mahasiswa maksimum 30 orang setiap kelompok. Lulusan program ini akan mendapatkan gelar Magister Teknik (MT). Perkuliahan bidang telematika di laksanakan dengan mengacu pada kurikulum yang ada.

Landasan dasar proses penyusunan kurikulum tersebut adalah Visi dan Misi Jurusan Teknik Elektro serta Tujuan Program Studi S2 Teknik Elektro Bidang Konsentrasi Telematika yang pengejawantahan dari Visi, Misi dan Tujuan ITS. Kurikulum yang disusun tersebut tidak terlepas dari pertimbangan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki oleh Jurusan Teknik Elektro ITS khususnya dan ITS umumnya.

Struktur kurikulum pada Program Studi S2 Telematika didasarkan pada pengelompokan berdasarkan kompetensi, yaitu kompetensi utama dan kompetensi pendukung. Selain itu dilakukan juga pengelompokan mata kuliah berdasarkan semester. Jumlah beban mata kuliah terdiri dari 22 (dua puluh dua) SKS mata kuliah wajib, 8 (delapan) SKS mata kuliah pilihan, dan 6
(enam) SKS tesis.

Fasilitas Pembelajaran

Kegiatan pendidikan Program Magister Telematika di Jurusan Teknik Elektro ITS didukung oleh tersedianya sarana:

LABORATORIUM

Laboratorium pendukung program ini telah menghasilkan karya penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh staf pengajar maupun penelitian mahasiswa yang berupa karya ilmiah dalam bentuk tugas akhir maupun tesis.

•  Laboratorium Jaringan Multimedia

Laboratorium ini dirancang untuk memberikan sarana maupun informasi kepada mahsiswa maupun staf pengajar tentang hal-hal yang berkaitan dengan jaringan komputer dan aplikasi multimedia, sehingga pengembangan dan penelitian yang berkaitan dengan Teknik Elektro terapan khususnya kajian Teknologi Telematika dilakukan di Laboratorium ini.

•  Laboratorium Multimedia

Laboratorium ini merupakan sarana diskusi dan simulasi tentang penerapan Jaringan Broadband, dipimpin oleh Dr. Wirawan. Di lab ini disediakan fasilitas pengeditan gambar dan lainnya.

 •  Laboratorium Pengolahan Digital

Sarana penunjang lainnya di Jurusan Teknik Elektro ITS untuk meningkatkan kualitas serta memperlancar proses belajar mengajar adalah Studio Teknik Elektro yang merupakan wadah untuk meningkatkan kemampuan belajar mandiri mahasiswa, selain itu juga sebagai sarana mengembangkan pembelajaran oleh staf pengajar keapada mahasiswa melalui Computer Aided Learning (CAL).

•  Laboratorium Common Computing

Laboratorium ini dirancang sedemikian rupa sehingga staf pengajar dan mahasiswa dapat mengembangkan simulasi sistem informasi. Tujuan proses belajar mengajar di laboratorium ini adalah untuk melatih mahasiswa sedini mungkin mengenal penggunaan komputer dalam menyelesaikan masalah Teknik Elektro sebagai dasar untuk mendalami Teknik Elektro lebih lanjut serta mengerjakan berbagai aspek sistem informasi beserta aplikasinya dibidang lainnya. Tersedia 40 komputer di dalamnya.

PERPUSTAKAAN

Untuk kebutuhan buku, literature, serta jurnal yang memadai, peserta program pendidikan Magister Telematika dapat memanfaatkan fasilitas Perpustakaan Institut dan Perpusakaan Jurusan Teknik Elektro ITS.

GEDUNG PERKULIAHAN

Fasilitas bangunan yang dipergunakan untuk proses belajar mengajar teridiri dad beberapa ruang kuliah dan ruang diskusi.

Dari seluruh ruang kuliah yang tersedia untuk Jurusan Teknik Elektro, Program Pasca Sarjana Teknik Elektro ITS menggunakan tujuh ruang kuliah secara bersamaan dengan kapasitas masing-masing 20 tempat duduk. Ruang kuliah S2 dilengkapi dengan white board, OHP, LCD, computer dan AC.

KONEKSI INTERNET

Tersedia koneksi internet bebas bea yang dapat dipergunakan sehari penuh. Dari tahun ke tahun kecepatan koneksi ditingkatkan untuk menunjang kenyamanan pengguna. Di beberapa tempat seperti taman dan plaza dilengkapi HotSpot.

Grup Penelitian dan Hasilnya

Pada akhir masa pendidikan di Program Magister Telematika Teknik Elektro ITS ini, mahasiswa dituntut untuk melakukan penelitian. Penelitian ini diwadahi dan dikoordinir oleh grup penelitian:

• Biometric

   - Rancangan Hierarhical- clustering pada Database Sidik Jari Volume Besar.

• Computer Vision

  - Identifikasi Pola Gerakan Mata untuk Deteksi Kelelahan Fisk Menggunakan Algoritma Backpropagation

  - Perancangan Pengendali Animasi Objek 3D Berbasis Stereo Vision

  - Prediksi Kedalaman Suatu Obyek Pada Gambar Stereo Vision

• Grid Computing

  - Desain dan Implementasi Lingkungan Komputasi Grid menggunakan Globus Toolkit

  - Desain Dan Implementasi High Throughput Computing Environment Menggunakan Condor

  - Desain dan Implementasi Sistem Manajemen Grid Menggunakan Condor-G Implementasi Parallel 3D Rendering pada Lingkungan GRID Elektro

  - Implementasi Parallel Processing pada Ray Tracing Engine menggunakan POV-Ray berbasis MPI

  - Aplikasi High Performance Computing (HPC) Menggunakan Parallel Processing untuk Peningkatan Unjuk Kerja Komputasi Pada CFD

• Medical Informatics

  - Penentuan Letak Titik Pada Wajah Secara Otomatis Untuk Menentukan bentuk Normal Rahang Wanita Suku Batak Menggunakan Fuz

Clustering  dan Artificial Immune System.

  - Pemodelan Objek 3 Dimensi Untuk Medical Imaging Pada Mandibula (Rahang Bawah)

  - Deteksi Otomatis Exudate pada Penderita Diabetic Retinophathy Menggunakan Braches Filtering Approach

• Imaging and Measurement Devices

   - Visual Tracking Fitur Wajah untuk Alat Bantu Interaksi Manusia Komputer

   - Image Matching dengan metoda Scale-Invariant Feature Transform

• Multimedia

  - Perancangan Navigasi Autonomous Mobile Robot pads Lingkungan yang tidak diketahui menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan

Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan per orang per program adalah Rp. 30.000.000,-dengan rincian sebagai berikut:

1.         Biaya SPP Rp. 28.000.000,- (Rp. 7.000.000,- / semester)

2.         Biaya I/O, pendaftaran Rp.  2.000.000,-

Biaya pendidikan per-orang adalah Rp. 30.000.000,-(tiga puluh juta) rupiah yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu: biaya SPP dan biaya pendaftaran. Biaya SPP dan pendaftaran sebesar Rp 30.000.000 dimanfaatkan oleh institusi (ITS) untuk pelaksanaan proses belajar mengajar.

Keseluruhan biaya tersebut sudah termasuk pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.