PROGRAM MAGISTER S2
Article Index
PROGRAM MAGISTER S2
Page 2
All Pages

Dalam era informasi yang ditandai oleh meningkatnya perkembangan teknologi elektro yang sangat pesat dan kebutuhan akan sumber daya manusia dari berbagai tingkat pendidikan yang sesuai sangatlah tinggi terutama di Indonesia. Untuk memenuhi kebutuhan itu, berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 107/DIKTI/Kep/1993, No. 108/DIKTI/Kep/1993 dan No. 109/DIKTI/Kep/1993 mulai tahun ajaran 1993/1994 ITS menyelenggarakan Program Pendidikan Strata-2 (Pascasarjana / Magister) Teknik Elektro.

Berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi No 023/BAN-PT/Ak-VI/S2/II/2009, program studi Magister Teknik Elektro ITS mendapat akreditasi A yang berlaku 23 februari 2009 s/d 2014.


Berikut struktur organisasi Program Magister Teknik Elektro ITS



Program Magister Teknik Elektro ITS bertujuan untuk meningkatkan taraf penguasaan ilmu dan kemampuan para pesertanya dalam bidang Teknik Elektro sehingga memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat dimanfaatkan secara mandiri dalam mengembangkan ilmu dan teknologi elektro di bidang pendidikan, penelitian, dan industri.


Peserta program pendidikan Pascasarjana (Magister) Program Studi Teknik Elektro dapat memilih untuk mengikuti salah satu
diantara lima bidang keahlian, yaitu:
o Teknik Sistem Tenaga
o Telekomunikasi Multimedia
o Elektronika
o Teknik Sistem Pengaturan
o Jaringan Cerdas Multimedia
o Telematika/ Chief Information Officer


TAHAPAN SELEKSI

Peserta Program Pascasarjana Teknik Elektro ITS adalah lulusan program sarjana dari PTN atau PTS (berijazah negara) yang terakreditasi minimum B dari bidang sains dan Teknologi yang dinyatakan lulus Ujian tertulis dan Wawancara Saringan masuk Program Pascasarjana ITS.

Koordinator Program
Dr. Ir. Djoko Purwanto, M.Eng.
Sekretaris Program
Dedet Candra Riawan, ST., M.Eng., Ph.D.


PENDAFTARAN

Pendaftaran dilakukan secara on-line, sedangkan dokumen beserta lampirannya dan copy pembayaran biaya ujian masuk dapat disampaikan sendiri atau dikirim ke alamat (info selengkapnya di  http://www.pasca.its.ac.id/)

Direktur Program Pascasarjana
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Jl. Arief Rachman Hakim
Kampus ITS Keputih Sukolilo
Surabaya - 60111

Biaya ujian masuk sebesar 400.000, dapat ditransfer melalui Rekening BNI Capem ITS Surabaya atas nama Rektor ITS dengan nomor rekening 056.002666666.006. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Sekretariat PPs - ITS
Telp. (031) 5947213, 59942511
Pes 1310, 1311, 1315, 1316
Fax: (031) 5947213
Email: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it


PROGRAM KERJA SAMA

1. Program S2  Chief Information Officer (CIO) Kementerian Kominfo

Merupakan hasil kerjasama Teknik Elektro ITS dan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI untuk meningkatkan kualitas SDM daerah, terutama pegawai pemerintah daerah/ pusat, pegawai pemerintah di Rumah Sakit, TNI, Polri yang menangani masalah sistem informasi dan komunikasi. Diharapkan lulusan ini akan menjadi Chief Information Officer (CIO) pada Pemerintah Daerah atau instansi yang dikelolanya. Kementerian Kominfo menyediakan 30 beasiswa setiap tahun bagi pegawai daerah/ pusat untuk mengambil pendidikan program Magister Teknik (S2) di Teknik Elektro FTI - ITS. Beasiswa tersebut mencakup pembayaran SPP selama kuliah (16 bulan), sedangkan biaya hidup ditanggung oleh instansi pengirim. Info selengkapnya dapat dilihat di

http://www.pasca.its.ac.id/

sedangkan kurikulum CIO di

http://www.ee.its.ac.id/lang-in/akademik/kurikulum-s2?start=6


2. Program S2 Game Technology - PKLN

Merupakan hasil kerjasama dengan Depdiknas Biro Perencanaan Luar Negeri (PKLN). Game Tech merupakan gabungan antara bidang Desain Grafis dan Teknik Komputer. Target program ini adalah guru-guru sekolah menengah atas yang di didik sehingga menjadi Magister Teknik yang mampu menyajikan modul-modul pembelajaran dalam bentuk game dan animasi software komputer.

PROGRAM DOUBLE DEGREE

Merupakan program kerjasama pendidikan dengan universitas luar negeri. Dalam program ini mahasiswa mengambil kuliah di 2 universitas yang berbeda dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Apabila mahasiswa berhasil lulus semua mata kuliah dan prasyarat yang ditetapkan oleh kedua universitas tersebut, maka mahasiswa berhak menerima 2 buah ijazah: yang diterbitkan oleh ITS dan oleh universitas mitra.

Persyaratan mengikuti program ini adalah memiliki Toefl yang dipersyaratkan, IPK minimum 3, lulus seleksi dan sanggup menyediakan semua dana selama studi di universitas mitra, apabila tidak tersedia beasiswa.

Berikut ini kerjasama Teknik Elektro ITS dengan universitas mitra:

1. Master of Science - Darmstadt Hochschole, university of applied sciences, Jerman (1 tahun di ITS, 1 tahun di Jerman)

2. Master of Science - National Taiwan University of Science Technology (NTUST), Taiwan (1 tahun di ITS, 1 tahun di taiwan)

3. Master of Engineering Science - Curtin university, Australia