FASILITAS
Article Index
FASILITAS
Page 2
All Pages

1.  Prasarana (Gedung/Bangunan)

Prasarana Jurusan Teknik Elektro (JTE)– Institut Teknologi Sepuluh Nopember meliputi 1 gedung yang berdiri pada areal ±10.000 m2 dan digunakan untuk berbagai kepentingan (18 ruang kuliah, ruang administrasi dan perkantoran, 28 ruang laboratorium, ruang baca atau perpustakaan, ruang dosen (tersebar di gedung C), ruang seminar atau sidang, ruang ibadah,  ruang aktivitas kemahasiswaan (HIMA), gudang barang atau inventarisasi, kantin, dan fasilitas umum).

Pemanfaatan gedung JTE-ITS antara lain untuk ruang kuliah 1.979 m2, ruang laboratorium 2.602 m2, ruang administrasi dan perkantoran 1.299 m2, ruang dosen 318,50 m2, ruang baca/perpustakaan 125 m2, ruang seminar atau sidang 278 m2, dan fasilitas umum lainnya 4.000 m2. Dengan jumlah mahasiswa sebanyak 1248 dan jumlah dosen 90, maka rasio setiap mahasiswa mendapat 1,58 m2 ruang kelas dan 2,08 m2 untuk ruang laboratorium. Sedangkan untuk setiap dosen akan mendapat 3,53 m2.

                  6

Pelaksanaan perkuliahan dilaksanakan di 18 ruang kuliah, dimana pada setiap ruang kuliah tersedia LCD proyektor, layar, meja penyimpanan, kursi kuliah, dan white board. Kapasitas masing-masing ruangan berbeda, mulai dari yang berkapasitas 40 mahasiswa sampai dengan 60 mahasiswa. Rata-rata penggunaan   ruangan adalah 8 jam per hari dan penggunaannya diatur oleh bagian akademik. Kelancaran proses belajar   mengajar di Prodi Jurusan Teknik Elektro juga didukung oleh tersedianya hot spot yang berada di lima belas  titik tersebar di lingkungan Jurusan Teknik Elektro yang dimanfaatkan oleh mahasiswa, staf akademik,   maupun staf kependidikan.

2.  Laboratorium

Laboratorium memiliki 3 fungsi utama yaitu:

- Sebagai lab teaching, yaitu penunjang proses pembelajaran (praktikum)

- Sebagai pusat riset bagi mahasiswa, dosen, dan kelompok-kelompok riset.

- Sebagai pusat pelayanan kepada masyarakat

Jurusan Teknik Elektro memiliki 16 laboratorium yang tersebar pada

- Bidang studi teknik sistem tenaga 4 lab

- Bidang telekomunikasi multimedia 3 lab

- Bidang elektronika 3 lab

- Bidang teknik sistem pengaturan 3 lab

- Bidang teknik komputer telematika 3 lab

3.  Internet

Koneksi internet untuk seluruh ITS adalah 75 MBps atau 5 kbps/ mahasiswa. Layanan internet dapat dinikmati seluruh mahasiswa ITS di setiap titik di dalam wilayah kampus melalui wifi. Terminal-terminal permanen disediakan pula dilokasi-lokasi tertentu, misalnya di Puskom, BAAK, plaza lantai 1 dan 2 Jurusan Teknik Elektro.

4.  Perpustakaan

Proses pembelajaran yang berkualitas tidak lepas dari ketersediaan literatur yang memadai di perpustakaan. Perpustakaan merupakan tulang punggung yang mendukung tercapainya tujuan perkuliahan. Perpustakaan yang dapat digunakan mahasiswa dan dosen PSD TE-ITS adalah:

  • Perpustakaan Pusat / ITS yang menempati 4 lantai dari Gedung perpustakaan dengan luas ± 1100 m2.
  • Ruang baca Jurusan Teknik Elektro terletak di lantai 3 Gedung B.
  • Ruang baca Program Pascasarjana ITS terletak di Gedung Pascasarjana.
  • Ruang baca laboratorium-laboratorium bidang keahlian

ITS telah menyediakan fasilitas perpustakaan pusat dan 64 pegawai serta koleksi sebanyak ± 72.651 judul bahan pustaka (Buku-buku referensi, Jurnal Nasional dan Internasional, tesis dan disertasi serta laporan penelitian) yang terdiri dari 210.954 copy.

koleksi jurnal ilmiah dan buku

Secara singkat jenis dan bentuk bahan pustaka yang ada adalah :

  • Jurnal on-line dari kelompok Science-Direct/ Elsevier
  • Jurnal IEEE
  • Jurnal nasional
  • Buku text berbahasa inggris dan Indonesia
  • Buku ajar / modul ajar
  • Proceeding seminars
  • CD-ROM
  • Layanan e-library

Mahasiswa PSS JTE-ITS mempunyai kesempatan untuk mengakses buku teks dan jurnal yang ada di perpustakaan dan di laboratorium. Mahasiswa juga dapat mengakses Journal online yang disediakan oleh perpustakaan ITS maupun oleh Dikti - Depdiknas. Penggunaan perpustakaan di ITS dan ruang baca di Jurusan dikelola secara satu atap secara on-line. Artinya, antar perpustakaan dan ruang baca terdapat mekanisme layanan bersama, atau paling tidak kemungkinan untuk melakukan reservasi terhadap judul buku text atau jurnal yang tersedia secara terpisah.

Selain menyediakan layanan di tempat, para mahasiswa PSS JTE-ITS dapat memanfaatkan layanan e-library, karena ITS telah berlangganan berbagai e-book jurnal yang dapat diakses melalui internet seperti science direct dan IEEExplore.

Pada setiap wisuda, seluruh karya akhir mahasiswa berupa Skripsi, Tesis, Disertasi atau Tugas Akhir Mahasiswa wajib untuk dibuatkan copynya (hard dan soft copy) untuk disimpan di perpustakaan dan ruang baca. Untuk memudahkan akses, telah dibuatkan mekanisme pencarian judul, abstrak melalui internet. Di ruang baca jurusan, juga telah dibuatkan katalog judul TA dan abstraknya.