Jurusan Teknik Elektro mengundang Prof. Dr. Leo P. Ligthart, Kuliah Tamu dari Luar Negeri dalam rangka menuju ITS sebagai World Class University
Saturday, 10 September 2016 14:59

Sejalan dengan salah satu visi dan misi Institut Teknologi Sepuluh Nopember pada umumnya dan Jurusan Teknik Elektro khususnya, yang bertujuan untuk membangun suatu institusi pendidikan yang bertaraf Internasional, maka pembangunan sumber daya baik yang berupa fisik sarana dan prasarana serta sumber daya manusia yang meliputi tenaga pengajar/dosen dan tenaga pendidik perlu segera dilakukan agar dapat memenuhi persyaratan akreditasi internasional menuju ITS sebagai World Class University.
Saat ini Jurusan Teknik Elektro ITS baik untuk program S1, S2 maupun S3 , telah mempunyai hubungan kerja sama yang dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) dengan beberapa universitas di luar negeri. Kerja sama dilakukan berupa program double-degree maupun research exchange maupun joint supervisory. Beberapa Negara yang telah menjalin kerja sama antara lain: Jerman, Taiwan, Belanda, dan Jepang. Pengalaman untuk studi di luar negeri terutama keharusan untuk berbicara dengan bahasa asing dan menghadapi kultur budaya yang sangat berbeda Jika sulit untuk memberangkatkan semua mahasiswa ke luar negeri, maka yang bisa dilakukan adalah dengan mendatangkan tim pengajar / professor ahli dari universitas luar negeri yang berkualitas internasional yang tentunya memiliki pengalaman yang luas baik sebagai pengajar maupun praktisi industry untuk diundang sebagai professor tamu di ITS.
Mata kuliah Radar dan Teori dan Rancang Bangun Antena merupakan salah satu mata kuliah baru pada kurikulum baru 2014/2019 ini, Jurusan Teknik Elektro ITS. Mata kuliah baru ini dirasakan untuk perlu diberikan karena saat ini perkembangan teknologi di bidang radar sedang semarak dilakukan di dunia dan juga program pemerintah yang sedang mengembangkan sistem alutsista, menuntut kemandirian Indonesia di bidang teknologi radar ini. Baik penguasaan dalam ilmu, desain dan rancang bangun dari radar itu sendiri.Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, dalam kegiatan ini jurusan teknik Elektro ITS mengundang Prof. Dr. Leo P. Ligthart, FIEEE, FIET, dr. h.c, yang merupakan Profesor emeritus dari Delft Universiteit of Technology, Belanda. Beliau saat ini tercatat sebagai guest professor di ITS Surabaya, visiting professor di CNEAS Tohoku University di Sendai Jepang, Guest prof.di UI, Jakarta, Indonesia, Scientific advisor IRCTR-I, Chairman Conasense dan Board of Governors IEEE-AESS. Beliau merupakan ahli radar yang telah menggeluti bidangnya selama lebih dari 40 tahun. Pada visitasi kali ini, selain untuk melakukan PhD joint supervisory, Prof. Ligthart juga memberikan kuliah Teori dan Rancang Bangun Antena untuk mahasiswa S1 selama kurang lebih dua minggu. Kegiatan visitasi ini dapat terlaksana sesuai dengan rencana yang telah disusun pada proposal kegiatan, yaitu mulai tanggal 22 Februari 2016 – 3 Maret 2016.